Selasa, 12 Oktober 2010

Dunia marketing

Assalamualaikum,
Hari ini terpikir buat saya untuk membuat satu blog khusus bicarain seputar dunia marketing.Diharapkan kawan-kawan juga bisa ikut gabung untuk sekedar curhat/diskusi tentang bisnis.

Didalam pikiran saya kini terpikirkan untuk dapat membuka hati untuk berbisnis.Sekarang saya masih terus mencoba untuk menguasai dunia marketing,meskipun saya ngak pernah kuliah,tapi jujur saja,saya sempat ikut pelatihan SDM beberapa bulan.Selama masa pelatihan saya mendapatkan beberapa bahkan bisa dikatakan hampir menguasai tehnik marketing.Teori-teori sudah saya dapat kuasai 80% dan praktek 80%,sekarang setelah selesai jalani masa pelatihan saya berusaha untuk memperdalam teori marketing,melalui buku,internet dan yang lainnya,begitu pula prakteknya di lapangan saya kembangkan sendiri menurut kreatifitas saya.Saat dilapangan itu adalah hal yang paling membanggakan buat saya,sebab dilapangan ilmu yang kita kuasai akan terasa semakin realistis,tidak hanya menjadi"ingat-ingat"di otak tapi terwujud jadi nyata.Hal-hal yang indah pun dapat saya rasakan ketika terjun sendiri di lapangan menawarkan beberapa produk dan kadang juga saya nawarin jasa,jasa apa aja dan produk apa aja yang penting halal dan baik..Ada hal yang ngak bisa saya lupakan ketika picing/penekanan ke customer/klien saja yaitu saat2 bertatap muka dan berdiskusi tentang apa aja yang penting baik.Itu selalu saya lakukan berbasa-basi kepada mereka karena memang itulah nilai seni sosial di dalam bermarketing,tujuan positifnya banyak,salah satunya kita akan menjadi terkenal dan berwibawa di hadapan mereka.Selanjutnya kita mulai terapkan inti sistem marketing yang kita kuasai.

Kenalilah mereka dengan ramah dan senyum sebab itu adalah budaya Indonesia.
Ajak mereka berdiskusi karena manusia adalah mahkluk sosial.
Tawarkanlah produk/jasa/program dsb yang menjadi nilai marketing anda dan berusahalah agar mereka menghargainya.
Didalam penjelasan tentang yang anda tawarkan harus mudah di pahami oleh mereka
Berikan beberapa pesan masyarakat anda atau tentang pertemuan anda dengan mereka agar mereka merasa bangga kenal dengan anda,sebab itu akan menjadi pendorong buat mereka untuk selalu berhubungan dengan anda.Sewaktu-waktu mereka membutuhkan anda meski anda di ujung duniapun anda tetap akan dihubungi oleh mereka.
Tinggalkan mereka setelah tugas anda selesai,tinggalkan dengan nilai harga diri yang baik,dan tinggalkan mereka dengan rasa hormat agar wibawa anda akan selalu dikenang oleh mereka.

Terima Kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar